Kamis, 26 Mei 2016

Bagaimana cara (memulai) menulis Puisi?

Banyak hal yang dapat kita lakukan dikala senggang datang. Ada kalanya kita bercanda dan tertawa membicarakan hal yang penting hingga sama sekali tidak penting. Tapi percaya saja bahwa semuanya itu bakal jadi penting. Daripada kita bingung mau ngapain mending baca puisi...atau nulis puisi...asik ko. Percaya deh.
Tapi gimana sih caranya bikin puisi?

Sebelumnya kita harus paham dulu bahwa puisi itu karya yang ga dibatasi guys... 
gausah takut buat nulis, karna emang dari lama puisi udah biasa tuh ngelanggar yang namanya formalitas tata bahasa. oke kita bakal masuk ke step-step simple bikin puisi.

1. Baca puisi dari berbagai macam penulis dan gayanya
Gabisa kita remehkan kalau yang namanya penulis pasti butuh baca banyak, biar karyanya bisa dibilang baik. So, puisi ga sepanjang itu ko. gabutuh waktu lama buat bacanya. Ga kaya novel atau hikayat. Minimal kita baca dulu lah...soal paham atau engga itu proses.

2. Jangan kebanyakan mikir buat nyari inspirasi
Kenapa? Karena mikirpun juga inspirasi ko. Setiap hal itu inspirasi, jadi gaperlu jauh jauh buat nyari Cukup yang kalian hadapi aja itu udah lebih dari banyak.

3. Kalau mikir sambil pegang alat tulis
Alat tulis disini ya minimal kertas sama pena lah, gaperlu yang muluk muluk.Siapin aja pasti kita butuh. Inspirasi datnagnya ga diduga duga. so jangan sampai gasiap buat nuangin semuanya disaat yang ga kita kira. Ya kalo ga ada yang cara lama ya pastinya kalian punya gadget kan? Sama fungsinya.

4. Tulis
Jangan takut bahasanya gabagus, karna apa yang kita tulis pertama kali adalah apa yang keluar dari perasaan. Pembaca akan tau kalau itu adalah cerminan dari kejujuran kita.

Jadi nuggu apa lagi buat nulis?
Ingat, shakspears ataupun Rendra itu jadi penulis juga ada awalannya...jadi stop berpikir buat jadi terkenal. Fokus nulis, nikmatin tulisan kita sendiri minimal. Baru ketika memang karya kita diterima ya patut bersyukur. Itu bonus.

2 komentar:

  1. Hohoho, bagus mas rud. Visit blog fifi juga ya :D firgiafarah.blogspot.com

    BalasHapus
  2. The last time I made poems, my friends said they were just like narrative :( poor me.
    need more learning I guess

    BalasHapus